ukuran marka jalan

Ukuran Marka Jalan – Penjelasan Lengkap Marka Jalan

Marka jalan merupakan bagian penting dalam peraturan lalu lintas. Marka jalan ini ada untuk menjaga keamanan dalam berlalu lintas. Ada peraturan pemerintah yang diterapkan terkait marka jalan dan beserta ukuran marka jalan. Berikut beberapa aturan soal ukuran marka jalan.

Jenis Marka Yang kita Temui

Marka jalan menjadi salah satu bagian penting dalam peraturan lalu lintas, sehingga pembuatannya harus sesuai dengan spesifikasi marka jalan sesuai aturan pemerintah. Sesuai dengan Peraturan Menteri no 34 tahun 2014, marka jalan memiliki aturan mulai dari bentuk ataupun ukuran marka jalan. Jenis umum marka jalan berserta ukuran yang pemerintah tetapkan untuk pembuatan marka jalan yaitu sebagai berikut:

ukuran marka jalan

1. Jenis Marka Membujur

Pada dasarnya, bentuk ini merupakan marka berbentuk sejajar dengan sumbu jalan. Sesuai peraturan marka jalan bentuk membujur ini terdiri dari tiga kategori, yaitu marka membujur garis penuh; marka membujur garis putus-putus; marka membujur garis kombinasi penuh dan putus-putus.

Kami KontraktorAspal sebagai jasa kontraktor marka jalan berpengalaman, sangat paham bagaimana membuat marka jalan ini sempurna dengan cat terbaik. Selain itu, kami dapat memberikan garansi pada proyek marka jalan yang kami kerjakan.

Ukuran Marka Membujur

Ukuran marka membujur memiliki beberapa aturan standar sebagai berikut:

  • Untuk garis utuh lebar standar paling sedikit 10 cm.
  • Penanda tepi jalan lalu lintas di tol lebar minimal adalah 15cm.
  • Panjang standar marka membujur garis putus-putus untuk jalur dengan kecepatan 60 km/jam adalah 3 meter.
  • Panjang standar marka membujur garis putus-putus bagi jalur dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam adalah 5 meter
  • Ukuran lebar adalah standard adalah 10 cm.
  • Jarak marka membujur garis putus-putus dengan kecepatan 60 km/jam adalah 5 meter.
  • Jarak marka membujur garis putus-putus dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam adalah 8 meter.
  • Untuk marka membujur garis ganda, baik garis putus ataupun untuk paling sedikit memiliki ukuran 10 cm dan tidak lebih dari 18 cm.
Baca Juga :   Cara Membuat Marka Jalan Manual - Simak!

2. Jenis Marka Melintang

Bentuk marka ini adalah tegak lurus pada sumbu jalan. Secara umum, ada dua bentuk marka garis melintang yang biasanya ada di jalan, yaitu garis melintang utuh dan garis melintang putus-putus. Bentuk ukuran marka jalan ini penting sebagai tanda untuk pengendara untuk berhenti atau juga mengurangi kecepatan.

Cat yang jelas dan kuat perlu ada agar tanda ini terlihat oleh setiap pengendara. Di sini, kami menyediakan produk cat sendiri merk Catin Termoplastic Paint yang berkualitas. Lagi pula, kami menggunakan cat ini di setiap proyek untuk memberikan kualitas yang maksimal dan sesuai dengan ukuran marka jalan.

Ukuran Marka Jalan Melintang

Untuk marka melintang sudah memiliki beberapa aturan terkait dengan ukuran marka yakni sebagai berikut:

  • Ukuran marka melintang garis utuh lebar ukurannya paling kecil 20 cm dan paling besar adalah 30 cm.
  • Marka melintang garis putus-putus lebar ukurannya paling sedikit adalah 20 cm dengan panjang paling sedikit 60 cm.

3. Jenis Marka Lambang

Bentuk ini adalah tanda yang memiliki arti tertentu sebagai peringatan, perintah ataupun larangan untuk melengkapi atau menegaskan tanda lalu lintas lain yang ada di jalan raya. KontraktorAspal sebagai jasa pembuatan marka jalan bisa membuat semua jenis marka jalan termasuk juga marka custom dengan pengerjaan yang lebih cepat.

4. Jenis Marka Serong

Selanjutnya, bentuk marka ini berupa garis utuh yang tidak masuk dalam kategori marka membujur atau marka melintang. Tanda ini berguna sebagai petunjuk bagi pengguna jalan bahwa jalur dengan marka ini bukan untuk jalur lalu lintas kendaraan.

Ukuran Marka Sorong

Aturan terkait ukuran marka sorong pastinya sudah ditentukan sesuai aturan pemerintah. Untuk ukuran lebar sesuai ketentuan paling sedikit adalah 10 cm. Sedangkan ukuran untuk jalan tol memiliki ukuran lebar standar 15 cm. Ukuran marka jalan sudah ditentukan sesuai dengan peraturan dari pemerintah.

Baca Juga :   Marka Melintang: Ternyata Begini Artinya

Kami sebagai penyedia jasa marka jalan, sudah sangat memahami perihal ini. Baik dari segi bahan cat thermoplastic, keamanan, dan alat alat yang kita gunakan agar sesuai prosedur dan dengan hasil yang maksimal. Kami juga bisa melayani kebutuhan marka jalan dengan free konsultasi dan survei.

Pengerjaan marka jalan bisa dilakukan dengan cepat dan menghasilkan marka jalan yang memuaskan. KontraktorAspal bersedia memberikan garansi untuk proyek yang kami kerjakan. Kami juga bisa mengerjakan proyek di beberapa wilayah Kota Penargetan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Semarang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top