cara mengukur luas tanah

Cara Mengukur Luas Tanah

Cara Mengukur Luas Tanah – Mengukur luas tanah merupakan langkah penting untuk mengetahui seberapa besar lahan yang dimiliki atau diinginkan. Kontraktor Aspal akan menjelaskan bagaimana caranya. Berikut adalah cara umum untuk mengukur luas tanah:

1. Pemetaan Manual

Gunakan Alat Pengukur: Mulailah dengan mempersiapkan alat pengukur seperti rol meter atau pita pengukur panjang. Pastikan alat pengukur tersebut akurat dan dalam kondisi baik.
Tentukan Batas Lahan: Tentukan batas-batas lahan yang akan diukur. Ini dapat dilakukan dengan meninjau dokumen-dokumen kepemilikan tanah atau dengan menggunakan patok-patok batas jika tersedia.
Ukur Sisi-sisi Lahan: Gunakan alat pengukur untuk mengukur setiap sisi lahan dari satu titik batas ke titik batas lainnya. Pastikan pengukuran dilakukan secara lurus dan sesuai dengan batas yang ditentukan.

2. Pemetaan GPS

Pilih Perangkat GPS yang Akurat: Jika memungkinkan, gunakan perangkat GPS yang akurat untuk mengukur luas tanah. Perangkat GPS dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan efisien.
Jalankan Perangkat GPS: Aktifkan perangkat GPS dan buat perekaman jalur sepanjang batas tanah. Pastikan untuk mencatat poin awal dan akhir untuk menutup jalur secara penuh.
Hitung Luas dengan Perangkat Lunak: Pindahkan data GPS ke perangkat lunak pemetaan atau aplikasi GPS yang dapat menghitung luas berdasarkan jalur yang direkam.

3. Pengukuran Arah dan Sudut

Gunakan Kompas atau Aplikasi Kompas: Jika tidak menggunakan GPS, gunakan kompas untuk menentukan arah dan sudut dari satu titik batas ke titik batas lainnya.
Rekam Sudut dan Jarak: Rekam sudut dan jarak setiap sisi lahan. Dengan informasi ini, Anda dapat menggunakan trigonometri untuk menghitung luas tanah.

Baca Juga :   Apa itu Sondir? Fungsi dan Manfaat Sondir

4. Dokumentasikan Hasil Pengukuran

Catat Semua Pengukuran: Pastikan untuk mencatat semua hasil pengukuran dengan cermat. Tulis panjang dan lebar setiap sisi, dan jika menggunakan GPS, simpan data jalur atau koordinat yang dihasilkan.
Periksa dan Koreksi: Lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan bahwa semua pengukuran konsisten dan akurat. Koreksi jika diperlukan.

5. Gunakan Perangkat Lunak Pemetaan

Input Data ke Perangkat Lunak: Jika Anda memiliki data koordinat atau jalur dari GPS, input data tersebut ke perangkat lunak pemetaan seperti Google Earth atau aplikasi sejenis.
Hitung Luas: Gunakan perangkat lunak untuk menghitung luas lahan berdasarkan data yang dimasukkan.
Ingatlah bahwa dalam beberapa kasus, untuk pengukuran tanah yang resmi atau legal, Anda mungkin perlu melibatkan seorang surveor yang berlisensi untuk memastikan hasil yang akurat dan sah secara hukum.

Rumus Mengukur Luas Tanah

Berbagai Cara Menghitung Luas Tanah Secara umum penghitungan luas tanah dapat dipengaruhi oleh bentuknya, mulai dari persegi panjang, segitiga, hingga tidak beraturan.
Rumus perhitungan dan cara perhitungannya bermacam-macam, jadi berhati-hatilah dalam menggunakan rumus perhitungan.
Modul E “Ilmu Survei Tanah” karya Arief Syaifullah menjelaskan berbagai pilihan penghitungan luas tanah.

1. Cara Menghitung Luas Properti Persegi Panjang

Menghitung luas properti persegi panjang sebenarnya tidak sulit. Yang terpenting Anda sudah mengetahui panjang dan lebar negara tersebut. Yang harus Anda lakukan adalah mengalikannya untuk mendapatkan hasilnya. Agar tidak bingung, perhatikan rumus menghitung luas bidang persegi panjang. Ini adalah sebagai berikut: Luas Situs = P x L Sebagai catatan, ini adalah: Huruf “p”. Panjangnya, huruf “l” pada rumus melambangkan lebar. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penghitungan luas bidang persegi panjang berikut ini.
Pak Rahmat mempunyai sebidang tanah yang berukuran panjang 25 meter dan lebar 10 meter. Berapa luas tanah Pak Rahmat?
Jawaban : panjang x lebar = 25 meter x 10 meter = 250 meter Jadi, luas tanah Pak Rahmat adalah 250 meter.

Baca Juga :   Surveyor - Definisi, Tugas Utama dan Besaran Gajinya

2. Cara menghitung luas negara berbentuk segitiga

Berbeda dengan menghitung luas negara berbentuk segitiga karena banyak sekali luas yang berbentuk segitiga sama sisi, segitiga siku-siku, dan segitiga sembarang. Bagi kalian, harap diingat bahwa setiap bentuk segitiga mempunyai rumus perhitungan luas tanah yang berbeda-beda. Agar praktisi peradilan tidak salah, berikut cara menghitung luas tanah yang berbentuk segitiga siku-siku dan segitiga apa saja. Segitiga Siku-siku Luas Tanah = 1/2 x Luas Alas x Tinggi Contoh: Terdapat sebidang tanah berbentuk segitiga siku-siku di kawasan Pasar Ming. Berdasarkan hasil pengukuran, rumah tersebut mempunyai panjang alas 4 meter dan tinggi 7 meter. Mari kita hitung luas negaranya!
Jawab : 1/2 x luas alas x tinggi = 1/2 x 4 meter x 7 meter = 14 meter Jadi, luas tanah berbentuk segitiga di Pasar Ming adalah 14 meter.
Segitiga apa saja Luas tanah = [s x (s-a) x (s-b) x (s-c)] Catatan: s = keliling tanah, matematikawan menggunakan rumus 1/2 (a+ b+c) Bisa dihitung dengan ). Sedangkan a, b, dan c adalah luas tanah.
Contoh : Budi mempunyai sebidang tanah berbentuk segitiga dengan panjang sisi 4 meter, 6 meter, dan 8 meter.
Berapakah luas tanah Budi?
Jawaban: Keliling tanah (s) = 1/2 (4+6+8) = 9 Luas tanah = [s x (s-a) x (s-b) x (s-c)] = [ 9 x (9) -4 ) x (9-6) x (9-8) = [9 x 5 x 3 x 1] = 135 = 11,6 meter Jadi, Luas Mr .Tanah milik Budi adalah sebagai berikut : Segitiga tersebut berukuran 11,6 meter.

3. Cara Menghitung Luas Sifat Tidak Beraturan

Bentuk sifat tidak harus persegi panjang atau segitiga, dan ada beberapa sifat yang bentuknya tidak beraturan.
Lalu bagaimana cara menghitung luas tanah? Perhatikan rumus berikut: Luas = 1/2 x (banyaknya sisi sejajar) x tinggi Contoh: Pak Raffi mempunyai sebidang tanah berbentuk trapesium sama kaki dengan sisi 10. Panjangnya meter, namun ada juga yang memiliki ukuran berbeda di kedua sisinya. Yaitu 12 meter dan 8 meter. Berapakah luas tanah yang dimiliki Pak Rafi Jawaban : Luas = 1/2 x (banyak sisi sejajar) x tinggi = 1/2 x (10 + 12) x 8 = 88 meter Jadi , luas tanah Rafi adalah 88 meter.

Baca Juga :   Jasa Survey Topografi Tangerang

4. Cara Menghitung Luas Tanah dengan Software Autocad

Jika cara menghitung luas tanah menggunakan rumus menurut terlalu rumit, kalian bisa menggunakan aplikasi penghitung luas lahan atau biasa disebut dengan software autocad.Software autocad sendiri terdiri atas beberapa macam, salah satu yang sering digunakan masyarakat adalah software draftsight.

Selain memudahkan, serial number draftsight juga bisa kalian unduh secara gratis. Berikut langkah penggunaan draftsight yang bisa diikuti agar kalian tidak salah ketika menggunakan autocad.

Langkah pertama, buatlah gambar denah menggunakan garis polyline hingga keseluruhan garis menyambung.
Klik garis yang sudah kalian gambar untuk memblok semua bidang. Nantinya, garis yang sebelumnya terlihat lurus akan terlihat putus-putus.
Pada bagian “command section” ketik “li”, lalu tekan tombol “Enter”.
Muncullah halaman baru yang mencantumkan berbagai informasi bidang tanah yang telah digambar, termasuk luas, panjang, tinggi lahan, dan lain-lain.

Scroll to Top
Whatsapp
Hai
Ada yang bisa kami Bantu?